.post-body img {max-width:100%;height: auto}

Selasa, 10 Januari 2017

Gendhis Main : Botol Sensori

Halo, mommies.
Ini adalah postingan kedua ibun untuk blognya Gendhis. Kali ini ibun akan flashback pas Gendhis masih under 1yo,waktu itu ibun buat mainan sensori pertamanya Gendhis, yaitu Botol Sensori atau biasa dikenal dengan nama "Senssory Bottle"

Mainan sensori itu apa sih?? ini botol apa sih? buat apa sih?
itu adalah beberapa pertanyaan yang sering saya dapatkan dari orang-orang di sekitar kami ketika melihat botol-botol ini. Well, dari buku Rumah Main Anak yang dituliskan oleh Julia Sarah Kunti dijelaskan bahwa permainan sensori atau biasa disebut Sensory Play adalah permainan yang mendorong anak-anak untuk menggunakan satu indra atau lebih, seperti indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan dan juga perasa. Dalam buku ini juga dibahas dua indra lain yaitu vestibular dan propioseptif. Indrra vestibular adalah indra yang memberi kita informasi tentang posisi tubuh dalam ruang, terkait gerakan dan juga keseimbangan. misal : saat berada di ruang gelap. Sedang, indra proprioseptif memberi kita informasi tentang keberadaan dan aktivitas anggota tubuh, misal , saat kaki kita luka kita dapat merasakannya tanpa melihat luka tersebut.
Nah, permainan sensori itu buanyak sekali, salah satunya adalah botol sensori yang saya buat untuk Gendhis. Botol sensori sangat banyak macamnya, kali ini saya buat 3 macam saja (Itupun luama sekali, baru jadi karena males-malesan, hihi). 
Yang Pertama:
adalah rain drops sensory bottle, coba goyangkan atas bawah nah, ayo berimajinasi, ayo bayangkan tusuk giginya adalah air dan suara nya adalah suara gemericik air. 
yang kedua:
adalah rainbow sensory bottle, setelah hujan akan ada pelangi yang berwarna warni, bagus bukan?? warna ini dapat melatih koordinasi mata dan pengenalan warna ya mom. 
yang ketiga:
 yang terakhir adalah sea sensory bottle, ini karena saya adalah sea lover. hehe . ayo ajak anak berimajinasi, jalan-jalan ke pantai menikmati ombak dan butiran pasirnya yang berkelap kerlip, indah bukan?? Akan lebih bagus kalau ditambahkan animal figure di dalamnya, pasti lebih terasa efek lautnya (ini karena Gendhis belum punya, animal figure versi laut ya, jadi ga ditambahin).
Nah , ini ada video yang kami buat ketika Gendhis bermain sensory bottle, chekidot:

Bagaimana mommies?? apakah cukup membantu?? Semoga bisa menjadi inspirasi ya.
Salam dari kami,
DRG


Tidak ada komentar:

Posting Komentar